Kopertais Wilayah XIII Jambi Launching POKJA Percepatan Publikasi Ilmiah bagi Perguruan Tinggi Swasta

IAIMA JAMBI – Kopertais Wilayah XIII Jambi resmi meluncurkan Kelompok Kerja (Pokja) Percepatan Publikasi Ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di perguruan tinggi swasta di bawah naungannya. Program ini diluncurkan dalam acara yang berlangsung di Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi (IAIMA Jambi), bersamaan dengan review usulan proposal pengabdian masyarakat (17/5).

Peluncuran Pokja ini dilakukan oleh Wakil Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi, Dr. Muhammad Taridi, M.Pd, menindaklanjuti IKU Kopertais dan arahan terkait reservasi PTKIS oleh Koordinator Kopertais XIII Jambi, Prof. Dr. As’ad Isma, M.Pd menuju PTKIS Unggul. Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Taridi menekankan pentingnya peningkatan kualitas publikasi ilmiah sebagai salah satu indikator kemajuan akademik dan reputasi perguruan tinggi. “Tujuan dari Pokja ini adalah untuk mendukung dan membantu dosen serta peneliti di perguruan tinggi swasta dalam menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan terindeks di jurnal-jurnal bereputasi,” ujar Dr. Taridi.

Program kerja ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perguruan tinggi swasta di wilayah Jambi dalam hal peningkatan produktivitas akademik dan publikasi ilmiah. Beberapa inisiatif yang akan diusung oleh Pokja meliputi workshop penulisan ilmiah, pelatihan teknik submit ke jurnal internasional, hingga bimbingan penulisan artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal bereputasi.

Para peserta yang hadir dalam acara peluncuran ini menyambut baik inisiatif dari Kopertais Wilayah XIII Jambi. Mereka berharap dengan adanya Pokja ini, tantangan dan kendala yang selama ini dihadapi dalam proses publikasi ilmiah dapat teratasi dengan lebih efektif. “Kita tentu menyambut positif program dari Kopertais ini. Selama ini dosen-dosen kita terkendala publikasi ilmiah untuk jurnal international. Dengan adanya program ini, kita optimis dosen kita nanti bisa publikasi internasional. Karena program ini bakal di dampingi khusus oleh dosen-dosen senior dari UIN Jambi,” kata Fahmi Rohim M.Ed, Wakil Rektor IAIMA Jambi.

Selain itu,Dr.Taridi menegaskan, program ini juga diharapkan dapat memperkuat jaringan kolaborasi antar perguruan tinggi swasta di Jambi dan sekitarnya,serta menjadikan Pokja ini sebagai program kerja Kopertais wilayah XIII yang berkesinambungan untuk seluruh PTKIS di wilayah Jambi sehingga tercipta ekosistem akademik yang lebih dinamis dan produktif.

Dengan adanya Kelompok Kerja Percepatan Publikasi Ilmiah ini, diharapkan perguruan tinggi swasta di bawah Kopertais Wilayah XIII Jambi dapat semakin berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. ***

Baca Juga

Praktik Moderasi Beragama Di IAIMA Jambi Ramah Terhadap Keberagaman

JAMBI – Institut Agama Islam Muhammad  Azim (IAIMA) Jambi mendukung implementasi moderasi beragama di dunia pendidikan utamanya di perguruan tinggi. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan secara terbuka menerima mahasiswa non-muslim. Tak hanya mahasiswa, IAIMA juga secara terbuka menerima karyawan dan tenaga pengajar yang menganut agama di luar Islam.

Baca »

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on linkedin

Kuliah di IAI Muhammad Azim?

Daftar kuliah dari rumah via Wesbite Penerimaan Mahasiswa Baru IAI Muhammad Azim!